Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman

Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman - Masing-masing kiat menunda kehamilan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kedua belah pihak, suami dan istri, harus melakukan komunikasi intensif mengenai metode pencegahan kehamilan yang akan dipilih. Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman banyak cara untuk melakukannya di antaranya ada di bawah ini, lihat artikel di bawah ini Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman.

Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman 

Kehamilan Yang Aman
Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman

Apa saja cara mencegah kehamilan yang umum dilakukan pasangan suami istri dan memiliki presentase keberhasilan yang besar? Mari kita bahas satu per satu.

1. Tidak Melakukan Hubungan Seksual

Inilah cara paling mudah dan tepat mencegah terjadinya kehamilan pada seorang wanita. Tingkat keamanannya bisa dipastikan seratus persen. Dengan tidak melakukan hubungan seksual maka tidak terjadi pertemuan sel sperma dan sel telur, alias tidak terjadi pembuahan. Hanya saja cara ini tidak mudah dijalankan bagi pasangan suami isteri yang telah menikah. Logikanya adalah mana ada suami yang tidak tergoda menggauli isterinya jika hubungan tersebut sudah sah menurut hukum negara, adat istiadat dan agama.

2. Melakukan Hubungan Seksual Berdasarkan Sistem Kalender

Metode pencegahan kehamilan dengan sistem kalender termasuk dalam cara alami menunda kehamilan. Dasar pelaksanaan metode kalender adalah tidak melakukan hubungan seksual ketika seorang wanita sedang dalam masa subur. Masa subur wanita adalah masa dihasilkannya sel telur yang memungkinkan terjadi pembuahan bila bertemu sel sperma. Jika siklus haid Anda termasuk dalam kategori normal, umumnya berlangsung selama 28 sampai 30 hari, maka masa subur wanita jatuh pada hari kesebelas sampai dengan dengan delapan belas setelah haid terakhir.

Siklus menstruasi wanita seringkali tidak tepat waktu, ada kalanya maju dan ada kalanya mundur dari jadwal normal. Bila siklus datang bulan Anda tidak teratur, supaya aman maka penghitungan masa subur Anda ditambah tiga hari lebih awal dan tiga hari sesudahnya. Jadi rentang masa suburnya diperpanjang dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 21. Agar berhasil menjalankan metode kontrasepsi kalender, pihak suami harus bisa disiplin dan menahan diri ketika mengajak isterinya berhubungan seksual.

3. Melakukan Hubungan Seks Tanpa Penetrasi

Hubungan seks tanpa penetrasi atau non koital maksudnya adalah hubungan suami isteri tanpa adanya kegiatan masuknya penis pria ke dalam vagina wanita. Meski penis tidak masuk ke liang vagina, cara ini masih memungkinkan terjadinya kehamilan bila pria menggesek-gesekkan penis ke vagina bagian luar. Oleh karena itu, jika ingin mencegah kehamilan dengan seks tanpa penetrasi dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dari pihak pria agar bisa menahan diri untuk tidak melakukan penetrasi.

Pertanyaan selanjutnya adalah: mana ada pria yang tahan berhubungan seks tanpa penetrasi. Disinilah suami isteri dituntut kreatif menjalani rutinitas seks sehari-hari. Sebagai gantinya, agar wanita bisa memuaskan pria di atas ranjang maka layanan seks bisa dilakukan dengan cara oral seks. Oral seks adalah memuaskan hasrat seksual pria dengan mulut wanita. Selain itu, mungkin ada sebagian wanita akan lebih suka melakukan hubungan seks melalui “pintu belakang”. Cara mana yang Anda pilih, tergantung selera berdua.

Bagaimana jika melakukan seks tanpa penetrasi sementara wanita tetap memakai celana dalam? Sama saja. Peluang terjadinya kehamilan tetap ada karena sangat mungkin cairan sperma pria yang menempel ke celana dalam wanita merembes ke dalam vagina wanita. Apalagi jika setelah melakukan hubungan badan si wanita tersebut tidak segera membasuh vagina, maka sperma bisa saja masuk ke dalam liang vagina.

4. Melakukan Hubungan Seksual Dengan Cara Ejakulasi di Luar Vagina

Cara keempat agar hubungan seksual tidak mengakibatkan kehamilan adalah dengan cara menarik keluar penis menjelang ejakulasi, cara ini disebut senggama terputus. Pada saat pria merasa akan ejakulasi, dia harus cepat-cepat menarik penisnya dan melakukan ejakulasi di luar vagina. Cara ini membutuhkan kontrol diri yang kuat dari pihak suami. Pasalnya tidak mudah menyuruh suami ejakulasi di luar sementara hasrat seksnya mungkin sedang meledak-ledak.

Metode menunda kehamilan dengan cara ejakulasi di luar vagina masih memiliki resiko terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan karena bisa jadi ujung penis pria telah mengeluarkan cairan pre-cum (cairan sperma yang keluar sebelum terjadinya ejakulasi) dan menempel di dinding vagina sebelum penis sempat dicabut. Resiko lain adalah pada saat melakukan hubungan seksual si suami terlanjur enak sehingga tidak mau menarik keluar penisnya dan ejakulasi di dalam vagina.

5. Mencegah Kehamilan Dengan Ramuan Tradisional

Beberapa tanaman disekitar kita memiliki khasiat dapat menghentikan kehamilan, cocok bagi mereka yang telah memiliki anak cukup banyak. Contoh ramuan tradisional untuk menghentikan kehamilan adalah kunyit, daun sirih, dan daun kunci. Karena ramuan ini bersifat herbal artinya jika suatu saat anda ingin memiliki anak lagi, anda tinggal berhenti meminum ramuan ini dan lakukan hubungan intim saat masa subur.

6. Mencegah Kehamilan Dengan Alat Kontrasepsi

Tips menunda kehamilan yang paling banyak disarankan oleh ahli kesehatan adalah dengan pemakaian alat kontrasepsi. Cara kerjanya sama dengan beberapa tips agar tidak hamil yang disebutkan di atas, yaitu mencegah terjadinya pertemuan sel telur dan sperma. Hanya saja dengan metode kontrasepsi ini lebih mudah dilakukan berkat bantuan alat atau hormon tertentu.

Oke sekian info Tips Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman , semoga info ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

boket99 Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger